--> Skip to main content

MasFawan

follow us

Pantai Batu Kukumbung, Tak Hanya Sekedar Pantai; Berlokasi di Karangwangi Cidaun Cianjur Selatan

Selain pantai Cemara, ternyata kota Cianjur terkenal juga dengan pantai Batu Kukumbung. Pantai Batu Kukumbung ini berbeda dengan pantai yang lain karena pantai ini memiliki sebuah situs budaya yaitu Batu Kukumbung. Pantai ini menawarkan pemandangan yang sangat cantik.

Dimana Lokasi Batu Kukumbung?

Pantai Batu Kukumbung ini berada di Kampung Cigebang, Desa Karangawangi, Kecamantan Cidaun, Cianjur. Pantai ini berjarak sekitar 16 km dari kota Cidaun. Pantai ini memiliki keunikan tersendiri.

Wilayah selatan Jawa memnag banyak dikenal karena pantai-pantainya yang cantik dan mempesona. Bahkan ada beberapa pantai yang belum terjamah sama sekali oleh orang. Namun banyak juga pantai yang telah dikelola untuk menjadi tempat wisata dan salah satunya yaitu pantai Batu Kukumbung.


Pantai Batu Kukumbung ini sangat unik. Tak hanya unik bahkan pantai ini memiliki situs budaya. Di sepanjang pantai ini terdapat banyak artefak yang memiliki nilai sejarah yang telah berusia puluhan hingga ratusan tahun. Di salah satu titik terdapat sebuah batu yang merupakan sebuah makam yang konon adalah makam dari Prabu Kian Santang. Batu tersebut diberi nama Batu Kukumbung.

Saat ini pantai ini dimanfaatkan sebagai wilayah untuk menambang pasir oleh warga setempat. Pantai ini memiliki kualitas pasir yang sangat bagus, itu sebabnya pasir yang diambil dari pantai ini sangat diminati oleh banyak orang. Tak hanya tempat menambang pasir, di pantai ini juga terdapat banyak nelayan yang menangkap ikan dengan cara tradisional.

Pantai Batu Kukumbung memiliki banyak hal yang bisa dieksplor. Pantai ini sangat cocok untuk menikmati matahari terbenam di sore hari dan berjemur ala-ala bule layaknya di pantai Kuta atau hanya sekedar ingin bakar-bakar makanan laut di pinggir pantai. Di sekitar pantai ini sangat mudah menemukan berbagai macam jenis makanan laut.

Pantai Batu Kukumbung menyuguhkan pemandangan yang sangat cantik dengan jajaran batu karang di sepanjang pantai. Tak hanya itu, di pantai ini juga Anda bisa melakukan wisata religi dan sejarah. Anda dapat melihat berbagai artefak yang membuat Anda lebih mengenal sejarah, dan Anda juga dapat berkunjung ke makam Raden Kian Santang. Selain itu, Anda juga bisa menemukan sebuah tembok  dan batu berundak yang berusai ratusan tahun yang dahulunya merupakan benteng di masa penjajahan.
 

Pesona yang dimiliki pantai ini cukup menarik banyak wisatawan untuk berkunjung, baik domestic bahkan mancanegara. Pantai ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan dari daerah sekitar Cidaun, bahkan ada yang berasal dari luar pulau seperti Sumatera, dan ada juga wisatawan yang berasal dari Korea, Jepang, dan Belanda.

Rute Menuju ke Pantai Batu Kukumbung

Ada beberapa rute yang bisa Anda tempuh. Pertama, Anda bisa melewati Sindangbarang melewati jalur lintas selatan jika Anda dari arah Cianjur. Kedua, jika Anda dari arah Bandung, Anda bisa melewati jalur Bandung Selatan  Soreang-Ciwidey. Ketiga, Anda bisa melewati jalur Pangalengan-Talegong Cisewu Kabupaten Garut Selatan hingga sampai ke Ranca Buaya lalu kea rah barat melewati jalan lintas selatan.

Pantai ini memiliki daya tarik tersendiri yang memikat banyak orang untuk berkunjung. Tak hanya sekedar berwisata, Anda juga bisa belajar mengenai sejarah dengan melihat berbagai macam artefak yang telah berusia ratusan tahun. Jadi bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk berlibur kesana? Anda bisa mengajak teman atau keluarga Anda agar liburan terasa lebih seru.

Agar mudah mengakses Blog ini di smartphone, klik ikon 3 titikdi browser Chrome kemudian pilih "Tambahkan ke layar utama".

You Might Also Like: