--> Skip to main content

MasFawan

follow us

Objek Wisata di Pantai Cicalobak, Pantai Tanpa Pasir Di Kawasan Garut Selatan

Tak hanya Gunung Papandayan yang menjadi tempat wisata favorit di Garut, namun ada tempat lainnya yang juga menarik. Ternyata Garut tak hanya terkenal dengan wisata gunungnya namun juga dengan wisata pantainya, salah satunya yaitu Pantai Cicalobak. Cicalobak berada di salah satu kecamatan di Garut yaitu Kecamatan Mekarmukti.

Pantai ini terletak 28km dari Kota Pameungpeuk kea rah Rancabuaya. Jika dari kota Garut berjarak sejauh 128 km. Ada dua jalur agar dapat sampai ke Pantai Cicalobak. Pertama, Anda bisa melalui rute Garut Kota-Cikajang-Cikelet-Pameungpeuk. Kedua, Anda bisa melewati rute Pangalengan-Talegong-Cisewu -Caringin-Pemengpeuk  dari arah Bandung.
 

Pantai Cicalobak ini sangat unik karena tidak memiliki pasir yang luas, namun pantai ini dikelilingi oleh batuan karang di kanan dan kirinya. Selain itu pantai ini memiliki banyak objek wisata yang dapat Anda nikmati. Apa saja objek wisata yang terdapat di Pantai Cicalobak?
 

1. Pantai Tanpa Pasir

Apa yang temui ketika Anda pergi ke sebuah pantai? Tentu saja hamparan pasir di pinggir pantai. Namun berbeda halnya dengan Pantai Cicalobak ini, pantai ini tidak dipenuhi oleh pasir di sekitar pinggir pantainya. Justru pantai ini didominasi dengan terumbu karang yang berjajar. Yang mengejutkan adalah batu karang yang ada di pantai ini berbeda dengan yang ada di pantai lain. Terumbu karang yang ada di pantai ini sangat halus sehingga tidak perlu khawatir akan melukai kaki. Terumbu karang disana terlihat seperti hamparan tikar yang seakan menutupi pasir pantai. Indah sekali.
 

2. Padang Rumput

Di sekitaran pantai Cicalobak terdapat rumput liar yang tinggi dan tumbuh rapi. Perpaduan warna antara rumput, terumbu karang, dan warna biru dari pantulan air laut menimbulkan tiga gradasi warna yang sangat indah. Hal ini yang menjadikan pantai ini sangat ciamik dan berbeda dengan pantai-pantai lainnya.
 

Rumput liar yang berjejer di sekitar pantai serta pepohonan sangat cocok menjadi background foto yang langsung mengarah ke laut. Dengan adanya rumput dan pohon-pohon tersebut, Pantai Cicabalok menjadi lebih asri dan sejuk. Anda juga bisa menikmati suasana pantai sambil duduk-duduk di bawah pohon rindang sebagai tempat berteduh. Hembusan angin yang mendayu akan membuat Anda semakin tenang dan rileks.
 

3. Saung di Atas Terumbu Karang

Pantai ini memiliki saung atau sejenis gazebo yang berada di atas terumbu karang yang rata. Karena terletak di atas terumbu karang, saung ini nampak seperti singgasana yang berada di tengah laut.
Ketika ombak sedang naik, ombak akan menghantam terumbu karang yang mendominasi pantai ini, sehingga menciptakan percikan air  ke dasar pantai. Ini menjadi sensasi tersendiri yang menghibur.
 

4. Taman Buatan di Sekitar Pantai

Tak hanya terumbu karang saja yang menjadi daya tarik pantai ini, namun terdapat juga taman buatan yang indah. Taman ini dibangun dengan tujuan untuk menarik wisatawan baik domestik atau wisatawan mancanegara untuk berkunjung. Taman ini berisi berbagai macam tanaman, ikon yang menjadi cirri khas pantai tersebut dan tulisan “Pantai Cicalobak” yang dibuat dari bahan besi. Taman ini sangat instagrammable. Jika Anda ingin berwisata sekaligus hunting foto, tempat ini sangat cocok untuk Anda.
 

Nah itu dia beberapa objek wisata di Pantai Cicalobak yang berada di Garut. Bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk berkunjung kesana? Sebaiknya ajak teman atau keluarga Anda jika ingin pergi kesana supaya lebih seru lagi.

Agar mudah mengakses Blog ini di smartphone, klik ikon 3 titikdi browser Chrome kemudian pilih "Tambahkan ke layar utama".

You Might Also Like: