--> Skip to main content

MasFawan

follow us

Cara Mencuci Tangan Dengan Baik dan Benar 7 Langkah

Mencuci tangan yaitu agar tangan menjadi bersih dari kuman atau bakteri yang berada di tangan sehingga terhindar dari adanya penyakit. Cara mencuci tangan yang benar yaitu dengan menggunakan air yang mengalir dan menggunakan sabun. Sabun yang digunakan untuk mencuci tangan agar menjadi bersih yaitu sebaiknya menggunakan sabun cair yang mendandung antiseptik. Karena sabun cair yang mengandung antiseptik itu dapat membunuh mikroorganisme yang ada di tangan kita.

Tujuannya yaitu untuk melindungi diri dari kontaminasi penyebaran kuman, infeksi, dan mikroorganisme berbahaya yang disebarkan melalui sentuhan tangan baik secara langsung maupun tidak langsung. Dan dalam mengeringkan tangan juga sebaiknya kamu menggunakan lap handuk atau tisu kering karena itu lebih dibandingkan mesin pengering. kenapa? karena mesin pengering tangan dapat menyebarkan bakteri dari udara yang dikeluarkan mesin tersebut.

Kuman atau bakteri terdapat dimana saja, sehingga kamu perlu menyiapkan antis atau antiseptik untuk membuat tangan kamu menjadi tetap bersih. Berikut waktu yang tepat untuk cara mencuci tangan yang benar yaitu :
  1. Sebelum melakukan aktivitas misalnya menyiapkan makanan, berkunjung ke rumah sakit atau saat menjenguk orang sakit.
  2. Sesudah melakukan aktivitas misalnya sesudah buang air kecil atau besar, membuang sampah.

Kenapa harus mencuci tangan sebelum dan sesudah aktivitas?

Karena bila kamu ingin makan atau tangan yang bersetuhan dengan wajah, sebaiknya mencuci tangan terlebih dahulu. Sebab, di tangan itu terdapat banyak kuman, bakteri, atau mikroorganisme yang ada di tangan dan tidak terhitung banyaknya. Sehingga kamu perlu mencuci tangan kamu dengan baik agar lebih bersih dan tetap sehat.

Mencuci tangan juga sebaiknya kamu menggunakan sabun cair yang mendandung antiseptik. Karena sabun cair yang mengandung antiseptik itu dapat membunuh bakteri, kuman , serta mikroorganisme yang ada di tangan. oleh sebab itu sangat dianjurkan untuk mencuci tangan agar terhindar dari penyakit.

Berikut cara mencuci tangan yang baik dan benar 7 langkah :
  1. Basahi kedua telapak tangan dengan air yang mengalir, ambil sabun kemudian usap dan gosok kedua telapak tangan secara lembut.
  2. Usap dan gosok kedua punggung tangan secara bergantian.
  3. Tautkan telapak dengan telapak dan jari yang saling terkait.
  4. Letakkan punggung jari pada telapak tangan satunya dengan jari saling mengunci.
  5. Ibu jari kanan di gosok memutar oleh telapak kiri dan sebaliknya.
  6. Letakkan jari kiri menguncup gosok memutar ke kanan dan kekiri pada telapak tangan kanan dan sebaliknya.
  7. Pegang pergelangan tangan kiri dengan tangan kanan dan sebaliknya dengan gerakan memutar.
    Bila sudah selesai bilang dengan air yang mengalir kemudian keringkan hingga benar-benar kering.
Sebaiknya bila kamu ingin melakukan aktivitas dan sesudah melakukan aktivitas ada baiknya kamu selalu diawali dengan mencuci tangan ya untuk menjadi lebih sehat. Jangan lupa untuk di share agar yang tidak tahu dan yang tahu dapat menerapkannya untuk hidup agar menjadi lebih sehat. Terima kasih :)

Agar mudah mengakses Blog ini di smartphone, klik ikon 3 titikdi browser Chrome kemudian pilih "Tambahkan ke layar utama".

You Might Also Like:

Newest Post