Skip to main content

MasFawan

follow us

Kebutuhan Gizi Ibu Hamil dan Ibu Menyusui


Kebutuhan gizi ibu hamil dan ibu menyusui


Gizi seimbang merupakan kebutuhan gizi yang akan di konsumsi untuk si bayi sehingga perlu memerhatikan zat gizi apa yang dibutuhkan selama masa kehamilan dan menyusui untuk kesehatan si ibu dan si janin, serta buah hatinya agar selalu tetap sehat dan agar tidak mengalami BBLR bayi pada ibu hamil.


gizi seimbang ibu hamil dan menyusui
Pada ibu hamil selama mengalami masa kehamilan akan mengalami meningkatnya metabolisme energi sehingga ibu memerlukan kebutuhan energi dan zat gizi yang lebih selama masa kehamilan.


kebutuhan energi dan zat gizi yang lebih itu dibutuhkan untuk perkembangan janin, bila mengalami kekurang zat gizi seimbang pada ibu hamil maka pertumbuhan janin yang ada dikandungan dapat tidak sempurna.

Kebutuhan energi pada ibu hamil itu ada tiga macam yaitu:




  1. Energi tambahan ibu hamil pada trisemester pertama (0-14 minggu) diperlukan makanan  untuk pembentukan jaringan otak pada janin dan pembentukan organ janin. Seperti asam folat, vitamin A, vitamin D, kalsium, dan zat besi.
     

  2. Energi tambahan ibu hamil pada trisemester kedua (15-26 minggu) diperlukan makanan untuk pembentukan tulang, organ, saraf, dan otot yang mulai berfungsi serta pembentukan sel darah merah. Pada trisemester kedua ini pola makan harus tetap terjaga, hindari asap rokok, tidak meminum alkohol, dan tidak melakukan aktivitas berat. 


  3. Energi tambahan ibu hamil pada trisemester ketiga (27-40 minggu) perlu adanya melakukan olah raga ringan untuk lancarnya proses persalinan menjadi lebih mudah. Melakukan konsultasi ke dokter untuk memeriksa kondisi kandungan apakah sudah ada kontraksi untuk menuju persalinan atau belum.



Angka Kecukupan Gizi Ibu Hamil


























































































Zat Gizi



Kebutuhan


Wanita


Dewasa


 



Kebutuhan


Wanita Hamil


 



Sumber Makanan



Energi (Kalori)



2200



2535



Padi-padian, mie,


roti, umbi-umbian



Protein (gram)



48



60



Daging, ikan,telur, kacang-kacangan, tahu, tempe



Kalsium (mg)



500



600



Susu, Ikan teri, kacang-kacangan, sayuran hijau



Zat Besi (mg)



26



46



Daging, hati, sayuran


hijau



Vitamin A (SI)



500



700



Hati, kuning telur, sayur dan buah berwarna hijau dan


Kuning kemerahan



Vitamin B1 (mg)



1



1,1



Biji-bijian, kacang-kacangan, padi-padian, daging



Vitamin B2 (mg)



1,2



1,2



Hati, telur, sayuran dan kacang-kacangan



Vitamin B6 (mg)



9



10,6



Hati, daging, ikan, biji-bijian, kacang-kacangan



Vitamin C (mg)



60



70



Buah-buahan dan sayuran



Asam Folat (μg)



150



300



Ragi, brokoli, sayuran berdaun hijau, kacang-kacangan, ikan, telur, dan jeruk



Iodium(μg)



 



175



Ikan, daging



Fosfor



 



650



Beras, gandum, biji labu, biji bunga matahari, kacang tanah



Seng (mg)



 



20



Susu tanpa lemak, daging merah, telur, jamur, garlik ikan, biji kedelai



Pengaruh status gizi seimbang pada ibu hamil juga mempengaruhi kesehatan pada janin misalnya, dari keadaan sosial ekonomi, keadaan kesehatan dan gizi ibu, jarak kelahiran anak dari anak yang pertama. Status gizi seimbang ibu setelah melahirkan juga dapat dipengaruhi oleh keadaan ekonomi dan sosial, pernah tidaknya terkena infeksi penyakit, dan asupan pangan.

Bila mengalami kekurangan gizi pada ibu hamil makan akan terjadinya kematian, perkembangan otak janin dan pertumbuhan janin terhambat, serta bayi yang akan lahir akan mengalami BBLR (Berat Badan Lahir Rendah). Sedangkan pada ibu menyusui akan mengalami penurunan produksi ASI, kematian, penurunan gizi dan kesehatan bayi akan menurun.

Maka dari itu sebaiknya ibu hamil dan ibu menyusui sebaiknya memperhatikan asupan gizinya agar pertumbuhan janin dan bayi menjadi sehat dan tidak mengalami kekurangan apapun. Karena asupan yang ibu konsumsi berpengaruh besar pada sang janin dan anak agar dapat bertumbuh kembang dengan baik.

Sekian informasi yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk di share. Semoga bermanfaat.


Agar mudah mengakses Blog Gue di smartphone, klik ikon 3 titikdi browser Chrome kemudian pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya bisa mengakses Blog Gue dari layar utama smartphone dengan klik ikon Blog Gue.

You Might Also Like: